Cara Agar Tehindar Dari Penipuan Investasi Properti Di Bali

Cara Terhindar Dari Penipuan Investasi Properti Di Bali

Investasi properti merupakan salah satu bisnis yang banyak dilirik orang jaman sekarang. Bisnis investasi properti dinilai selalu memberikan keuntungan meningkat setiap tahunnya dari pada bisnis lain. Investasi properti memang hanya di lakukan oleh orang-orang bermodal besar saja mengingat harga properti seperti tanah, hotel dan vila sangatlah mahal. Di Bali yang merupakan pusat wisata terpopuler di Indonesia tentu menjadi lahan bisnis investasi properti yang sangat menjanjikan. Kebutuhan akan vila, hotel dan apartemen di Bali memang sangat mutlak.

Para turis lokal maupun asing yang berwisata ke Bali selalu memesan vila, hotel maupun apartemen yang ekslusif dalam waktu lama. Sehingga memiliki properti di Bali sama saja seperti memiliki tambang emas yang tak akan pernah ada habisnya. Namun Anda juga harus waspada ketika ingin menginvestasikan uang Anda ke properti Bali. Jangan sampai Anda tertipu oleh modus-modus penipuan investasi properti Bali yang sedang marak belakangan ini. Untuk terhindar dari penipuan bisnis investasi properti di Bali simak tipsnya berikut ini :

1.      Perhatikan lokasi dari properti yang Anda inginkan
Harga dari suatu properti bisa melonjak naik tergantung oleh faktor utama yaitu letaknya. Lokasi tanah Bali yang dekat dengan obyek wisata atau dekat dengan kawasan pemukiman penduduk yang pesat tentunya harganya akan selalu melonjak naik. Sedangkan untuk tanah-tanah yang berada di pedalaman jauh dari jalan keramaian harganya pasti lebih murah dan harga jual kembalinya juga belum tentu bisa mengalami peningkatan.
2.      Mintalah legalitas properti
Saat memulai bisnis investasi properti Bali hal yang sangat mutlak Anda ketahui adalah legalitasnya. Apakah pemilik dari properti Bali tersebut benar sudah sah bukan merupakan tanah sengketa. Bahkan Anda juga harus mewaspadai surat –surat legalitas palsu. Banyak surat tanah dipalsukan karena ternyata surat nya yang asli telah dijadikan jaminan di bank. Untuk menghindari penipuan legalitas properti Bali Anda bisa mengecek sertifikat tanah langsung ke Badan Pertanahan Nasional. Pengecekan sertifikat di Badan Pertanahan Nasional ini gratis tidak dipungut biaya.
3.      Cek keaslian harga properti Bali
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa lokasi dari properti akan mempengaruhi harga jual dari properti tersebut. oleh karena itu kita harus pastikan bahwa harga properti tersebut benar telah sesuai standar harga wilayah tersebut. Anda harus lebih cermat dan jangan mudah percaya dengan satu oknum saja. Anda perlu mencurigai oknum-oknum yang menwarkan properti dengan harga murah bisa jadi properti tersebut sebenarnya hanyalah lahan sengketa dengan sertifikat palsu.


Dalam berbinis properti bali asas kehati-hatian mutlak Anda terapkan dalam segala transaksi. Akan lebih baik bila Anda mencari dan mengecek sendiri properti yang akan Anda beli dari pada melalui pihak ketiga yang belum Anda kenal.