Cara Investasi Properti Untuk Pemula

Cara Investasi Properti Untuk Pemula 

Selamat sore pembaca setia informasi properti bali, ada banyak sekali cara-cara dan tips untuk berinvestasi properti, nah tulisan kali ini juga akan memberikan Anda tips untuk berinvestasi properti untuk pemula. 

Untuk pemula, pertanyaan awal yang bagus untuk memulai investasi properti adalah "apakah investasi properti merupakan pilihan yang bagus?". Banyak orang mengatakan investasi di properti sangat menguntungkan dan sangat-sangat menarik, namun apakah cocok untuk pemula seperti Anda?

Beda halnya dengan para investor properti seperti Robert dan Kim Kiyosaki serta Paul Allen, yang mana bagi mereka berinvestasi di properti itu sangatlah mudah. Bagi pemula tentu ini adalah hal yang sulit dan berisiko tinggi, kenapa berisiko tinggi? kelemahan dari properti adalah bukan merupakan investasi yang "likuid" artinya susah untuk mencairkan dalam bentuk uang. Apa yang terjadi bila Anda salah berinvestasi dan segera ingin mencairkan uang Anda? tentu ini akan menjadi petaka bukan?.

Setelah krisis tahun 2008 silam ada banyak sekali properti yang jatuh harganya, penyebabnya adalah properti itu ingin segera dijual untuk menutupi tagihan Bank yang jatuh tempo atau ingin segera dijual oleh pemilik rumah yang takut akan penurunan harga properti kala itu. Namun itu dulu, cerita lama..masa lalu, dan seperti kita ketahui bersama sekarang harga properti sedang menanjak dan di beberapa lokasi bahkan sudah mencapai titik tertingginya.

Saat ini harga rumah tinggal sedang tinggi-tingginya namun banyak pemilik rumah tidak menjual rumah mereka karena tidak dapat menemukan rumah pengganti dengan tipe sama namun harga yang lebih murah. Selain itu Bank juga sangat ketat terhadap pembiayaan properti akhir-akhir ini sehingga menambah perlambatan perkembangan properti.

Selalu ada solusi disetiap masalah “there is a silver line in every cloud” demikian juga dalam properti Bali, justru keadaan melambat seperti ini para investor pemula memiliki waktu yang cukup untuk menganalisa properti yang menjadi incaran. Berapa nilai properti incaran itu sesungguhnya yang mencakup aliran kas masuk dan tingkat pengembalian modalnya baik dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang. Ini sangat berbeda dengan para spekulan yang membeli properti dengan harga yang murah menurut mereka kemudian berharap menjualnya ketika harga sudah naik.

Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh investor properti Bali pemula yaitu
Carilah properti yang memberikan aliran kas masuk
Mencari roperti yang memberikan aliran kas masuk lebih baik daripada membeli kemudian menjual kembali. Menurut robert kiyosaki memiliki properti yang memberikan aliran kas masuk setiap bulannya adalah merupakan langkah awal untuk memiliki pasif “income” dan berpeluang menjadi bebas secara financial.
Carilah properti yang memiliki potensi kenaikan harga
Properti model ini biasanya ada di daerah-daerah yang sedang berkembang, caranya adalah membeli properti kemudian menunggu beberapa waktu sampai perkiraan harga atau waktu yang kita tentukan kemudian menjualnya dengan keuntungan.

Anda tidak bisa menggunakan salah satunya saja untuk sukses berinvestasi properti Bali sebagai pemula, Anda harus menggunakan keduanya yaitu mencari properti yang memberikan aliran kas masuk dan berpotensi mengalami kenaikan harga di masa yang akan datang

Sebagai tambahan referensi, properti-properti yang memberikan Anda aliran kas masuk sangat baik untuk mengatasi penurunan harga properti ketika situasi sedang tidak kondusif.